Copas Ilmu

Percakapan MbahBro (M) dengan seorang Bocah (B).

B : Mbah, aku mau nanya katanya ilmu copas itu nggak akan berhasil? Kalopun berhasil, nggak barokahi?
M : Benar itu le!
B : Kenapa Mbah?
M : Pertama, karena nggak ijin dan dapat restu dari pemegang ilmu. Kedua, karena tak dapat ijin, itu artinya mencuri.
B : Kan yang punya ilmu itu orang baik, masak harus ijin segala.
M : Ini soal tata krama dan aturan, Le. Bisa jadi di ilmu itu, ada hal yang berbahaya, sehingga harus dipantau penggunaannya.
B : Mereka kan sakti dan tentu saja tahu resiko, bahwa keilmuannya bisa dicuri dan disalah-gunakan.
M : Nggak semudah itu pemahamannya, Le?
B : Nggak semudah gimana? Mestinya mereka itu nyiptain ilmu yang bermanfaat saja, bukan yang bisa buat mudharat.
M : Maunya kamu itu apa tho, Le? Kok investigatif banget kaya’ Mbak Fessy Alwi.
B : Wah, simbah genit nih! Sudah tua masih suka yang bening-bening. Entar, saya bilangi ama Dhok’e lho?
M : He he he. Mosok saban hari liat Dhok’e terus? 
B : Yo wis sakkarepe simbah ae! Sekarang kita kembali ke laptop! Sebenarnya saya nggak yakin, para sesepuh orangnya pelit bin kejam. Pastinya mereka ngerti bahwa suatu saat keilmuan berkembang mengikuti zaman. Makanya kini ada istilah instan dan juga media berupa kapsul rajah. Jadi kalo di-copas kan nggak masalah?
M : Ya, masalah. Itu namanya nggak sopan dan …
B : Malati, terus mereka mengutuk orang yang hobi-nya copas. Kalo emang gitu jahat betul. Lantas apa maknanya ilmu hikmah kalo gitu? Pingin dipuja2? Pingin disanjung2 sepanjang sejarah manusia?
M : Sudah mimpi basah apa belum?
B : Apa hubungannya mimpi basah dengan diskusi ini?
M : Kamu itu masih ababil, penuh emosional. Orang yang berilmu nggak kaya’ gitu! Belum paham bahwa dunia itu tak sekedar hitam-putih.
B  : Terus?
M : Ya gitu thok!
B : Aaarrrrgggh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: